Pertanyaan Setiap Bab (Pemasaran Strategis) dari Buku Biru dan Hitam

PERTANYAAN SETIAP BAB DARI BUKU BIRU

1.       BAB I : PERILAKU KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN

Adakah cara yang praktis dan murah untuk mempelajari perilaku konsumen sehingga pemasar dapat dengan mudah mengetahui apa yang diinginkan konsumennya ?

2.       BAB II : PEMASARAN DAN NILAI PELANGGAN

Apakah bila ingin memenangkan kompetisi pasar, nilai pelanggan produk kita harus lebih baik daripada competitor ? Bagaimana cara kita membandingkan nilai pelanggan kita dengan competitor ?

3.       BAB III : PASAR DAN PERMINTAAN PASAR

Mana yang lebih baik : menyesuaikan produk kita dengan selera pasar atau, membuat produk kita diterima oleh pasar ? (misalnya : BlackBerry sempat kurang laku karena timing pemasarannya kurang tepat, dimana masyarakat belum membutuhkan BlackBerry. Namun begitu social networking menjadi trend dimana-mana, BlackBerry menjadi laku di pasaran).

4.       BAB IV: PANGSA PASAR

Bagaimana strategi yang paling baik untuk memperluas pangsa pasar ? dengan diversifikasi produk atau mempromosikan produk yang sudah ada ke konsumen yang lebih luas ?

5.       BAB V PENETRASI PASAR : Di buku hanya ditunjukkan strategi penetrasi pasar untuk produk barang, bagaimana strategi penetrasi pasar untuk produk jasa dan produk layanan non-profit ?

6.       BAB VI : PERHITUNGAN BIAYA DAN ESTIMASI

Bagaimana cara yang paling baik bagi perusahaan yang baru saja berdiri untuk menentukan price yang tepat bagi produknya yang baru saja dibuat dan hendak diperkenalkan di pasar ?

7.       BAB VII : ANALISIS PESAING

Strategi bersaing mana yang paling baik jika kita ingin bersaing dengan market leader sedangkan kekuatan modal dan sumberdaya kita lemah ?

8.       BAB VIII : MEMBANGUN EKUITAS MERK

Bila produk tradisional diberi merk apakah hal ini akan memperkuat produk tradisional tersebut ataukan memperlemahnya dalam kaitannya dengan keberterimaan pasar dan memenangkan persaingan ? Sebab produk tradisional walaupun tidak memiliki merk namun umumnya sudah diterima oleh konsumen.

9.       BAB IX : PEMASARAN MELALUI INTERNET

Point apakah yang paling menentukan keberhasilan pemasaran melalui internet ?

10.   BAB X : KOMUNIKASI PEMASARAN : IKLAN DAN PROSES PENGOLAHAN INFORMASI KONSUMEN

Iklan yang baik tanpa ditindaklanjuti dengan pelayanan konsumen yang baik dan ketersediaan produk justru akan menjatuhkan citra produk tersebut.  Jika hal ini terjadi, langkah apa yang sebaiknya digunakan untuk mengembalikan citra baik dari produk tersebut.

11.   BAB XI : KOMUNIKASI PEMASARAN : IKLAN DAN PROMOSI

Manakah komunikasi pemasaran yang lebih efektif, iklan dengan berbagai bentuknya atau melalui gerakan/kampanye/promosi di media massa ? Atau keduanya sama efektif ? Media massa juga dapat mempengaruhi konsumen melalui berita-berita dan artikelnya.

12.   BAB XII : KINERJA PEMASARAN

Bagaimana cara mengukur kinerja pemasaran di bidang kegiatan non-profit ?

 

PERTANYAAN SETIAP BAB DARI BUKU HITAM

1.       BAB I : PRODUK

Apabila sebuah produk tidak laku di pasaran yang disebabkan oleh nama produk yang kurang menjual, mana jalan yang terbaik, apakah mengganti nama produk dan melakukan promosi ulang, ataukah melalukan re-branding dengan menggunakan nama produk yang sama ?

 

2.       BAB II : HARGA

Manakah metode yang lebih baik dalam menentukan harga, berdasarkan harga di pasaran ataukah berdasarkan biaya produksi ? Sebab bisa saja terjadi biaya produksi relatif tinggi sehingga sulit dijual dengan harga di pasaran. Biaya produksi yang tinggi tersebut karena pembuatan produknya mengutamakan kualitas yang tinggi.  Dengan demikian bila mengikuti biaya produksi, harga jual produk menjadi lebih tinggi daripada harga jual di pasaran, namun produk tersebut berkualitas lebih tinggi daripada produk lain yang sejenis.

 

3.       BAB III : SALURAN DISTRIBUSI

Apakah lebih baik memiliki satu saluran distribusi yang terpercaya ataukah beberapa saluran distribusi sekaligus ?

 

4.       BAB IV : PROMOSI

Seberapa besar signifikansi kegiatan public relation dan media relation terhadap kegiatan promosi suatu produk ? Apakah kegiatan-kegiatan public relation/media relation termasuk promosi ?

 

5.       BAB V : KINERJA PEMASARAN

Apakah lembaga non-profit membutuhkan strategi pemasaran atau strategi komunikasi via public relations dan media relations ?

 

6.       BAB VI : PENILAIAN POSISI STRATEGIS

Untuk produk yang masih baru, manakah yang lebih dulu sebaiknya dilakukan, menentukan posisi produk diikuti dengan promosi atau langsung membranding produk kita agar posisi produk dapat segera ditentukan.

 

7.       BAB VII : PEMASARAN STRATEGIS UNTUK PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN PENCIPTAAN NILAI BAGI PEMEGANG SAHAM

Manakah yang lebih penting, pertumbuhan perusahaan atau penciptaan nilai bagi pemegang saham ?

8.       BAB VIII : PERENCANAAN PASAR STRATEGIS

Apakah strategi yang paling baik untuk perusahaan yang baru berdiri dan baru saja menjual produksinya ?

9.       BAB IX : UKURAN KINERJA DAN PELAKSANAAN STRATEGIS

Apakah ukuran kinerja sebuah produk yang sukses dan yang tidak ?

10.   BAB X : EKUITAS MERK : MENGUKUR KINERJA PEMASARAN BERDASARKAN PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN

Apakah merk produk yang kurang laku dapat dibranding ulang ?

 

11.   BAB XI : ANALISIS EKUITAS MEREK BERBAGAI TEPUNG TERIGU

Apakah merk sama dengan brand ?

 

12.   BAB XII : MEREK POPULER BELUM TENTU DIKONSUMSI.  ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI POPULARITAS, PERSEPSI KUALITAS, PERSEPSI HARGA DENGAN MEREK TEH CELUP YANG DIKONSUMSI.

Mungkinkah penyebab konsumen tidak mau mengkonsumsi merk yang populer karena salah memposisikan produk di pasaran ? Jika memang demikian, apakah hal ini dapat diatasi dengan melakukan branding ulang ataukah menyesuaikan atribut produk sesuai dengan selera konsumen ?

 

13.   BAB XIII : ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI POPULARITAS, PERSEPSI KUALITAS, PERSEPSI HARGA DENGAN MERK TEH CELUP YANG DIKONSUMSI.

Mengapa pada kasus pasar teh celup, Sosro tidak mampu menjadi market leader, sementara pada pasar teh botol, teh Sosro menjadi market leader.  Apakah persoalan selera atau kesalahan positioning ?

Dikutip dari Buku Pemasaran Strategis.  Ujang Sumarwan. http://ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id/

Skip to toolbar